Jumat, 27 Mei 2016

Tantangan Dalam Memilih Pasangan Hidup


 
Seiring dengan pekembangan Tekhnologi seperti sekarang ini, dengan mudah kita dapat mengakses internet,ini merupakan kenyataan yang tidak dapat kita pungkiri baik itu anak-anak, kawula muda dan orangtua ikut berlomba-lomba eksis dalam media-media sosial, sehingga tidak ada lagi batasan-batasan usia.disinilah sebenarnya peran orangtua sangatlah penting untuk dapat mengontrol perkembangan anak, apalagi anak dalam masa perkembangan puberitas ini dapat berakibat pada pergaulan bebas anak. tidak sedikit kita mendengar mengenai pemerkosan,pelecehan seksual,narkoba, anak kawin dibawah umur dan sebagainya. kita sebagai umat muslim memiliki aturan-aturan atau kaidah-kaidah dalam pergaulan baik itu antara kita sesama muslim maupun non muslim.hal inilah yang sering dilupakan orangtua dan kawula muda seperti sekarang ini, sehingga mereka banyak terjerumus dalam pergaulan -pergaulan yang jauh dari nilai-nilai islam.


Disisi lain khususnya kawula muda kita dalam memilih pasangan hidup terkadang terlalu selektif dalam memilih pasangannya dan tidak lagi mengacuh pada prinsip-prinsip dasar yang diajarkan Rasulullah s.a.w. terkadang mereka hanya melihat fisik dari pasangannya tanpa mengindahkan prinsip-prinsip dasar tersebut. dan lebih miris lagi terkadang  orangtua ikut memaksakan kehendaknya kepada anaknya untuk harus memiliki kriteria-kriteria khusus bagi calon menantunya tersebut.

ini sangat bertentangan dengan Firman Allah dalam Al Quran ;
artinya ;
Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula) dan wanita-wanita yang baik  adalah untuk laki-laki yang baik. dan laki-laki yang baik adalah  untuk wanita-wanita yang baik (pula) (Q.S An Nuur Ayat 26)
artinya : 
Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang mu'min. (Q.S An Nuur Ayat 3)

Oleh sebab itu kita sebagai orangtua haruslah mendidik anak dengan sebaik-baiknya, sehingga kita tidak akan khawatir dengan jodoh atau pasangan anak kita kelak dikemudian hari.

Salam..Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: